Saturday, July 13, 2013


Nona Palalangan:
Kenapa para Penari Pa'gellu harus jinjit selama magellu?
Rana Dase:
Seluruh "gerak tari" pada tarian Pa'gellu', dipicu oleh Bunyian To Ma'lambuk Pare lan Issong Pandan ( Lesung Melintang ). Inspirator dari tari Pa'gellu' ini bukanlah orang sadar yg meliuk2kan tubuhnya saat mendengarkan bunyi Issong Pandan tsb, melainkan To Maro ( Wanita Gila ). Jadi kajian kenapa "kaki menjinjit" itu spontanitas.

Felix Maya:
Gellu' (sbg nama tarian) dlm pesta maro sebenarnya identik dgn lemah lunglai sperti org skit (gelu'), makanya tarian "..gellu'..", di zaman leluhur org toraja hanya ditarikn dlm upcara penyembuhan org sakit .. (klo ndak slah nama upacaranya "maro" .. ma'gellu klo tdk salah awalnya berasal dari pangala' (ditariakn pd psta bua'), pa'gellu (sy ndak tau dari mana asalnya, tp klo ndak salah tarian kemenangan
.. gellu' bila diartikan sebagai tarian) dlm bahsa toraja hanya diartikan sbg mengayunkan tangan dgn melentikkan jari serta menggerakkan pergelangan tangan) .. makanya dlm beberapa jenis tarian org toraja, ada yg tdk harus jinjit ..
.. penari yg berjijit biasanya cma pd perempuan .. model tarian ini disebut dgn ma'gello-gello atw kume'lo-me'lo, katanya untuk menghasilkan gerakan seperti meliuk-liuk 

RaRa BuKu:
Inspirasi munculnya Tari Pa'gellu terjadi di Karassik ( skrg Kota Rantepao ) saat ada kegiatan To Ma'lambuk Issong Panda di suatu acara Rambu Solo'.
Pada saat itu ada seorang Ibu Guru dari Pangngala' yg hdr dlm Rambu Solo' itu dan melihat perilaku wanita gila ( maro ) ini meliu'2kan tubuhnya, tangannya, dan kakinya yang meng-injit2, mk terinspirasilah si Ibu Guru, dan lalu mengembangkannya menjadi sebuah tarian yang diberinya nama Pa'gellu'. Ini murni seni tari, tak ada unsur2 religi didlmx.. tabe'..

Desty Pongsikabe:
Tarian Pa Gelu asal Pangala...tidak sembarang di tarikan seperti sekarang...12 Gerak langkah Dasar, Masing masing Memiliki Magna Teologis dan Spritual , Prosesing Penyembahan seiring Tertiupnya angin, Ungkapan Syukur terasa saat Gerak Putaran Mata kaki menuju Utara Mensyukuri Anugerah sang Pencipta seiring Bunyian Gandang mewarnai Pasang surutnya Kehidupan...Bagi kami sangat melekat ..Nilai nilai Spritualitas Alukta...

Pelita Hidup:
satu2nya"Seni Tari Religi Asli Toraja" adalah "Ma'tere", selebihnya itu cocologi.com...!!!
Nona Palalangan:
Hasil penelitian saya kurang lebih sepuluh tahun lalu,,saya meneliti da ujung Sangala di klan Puang Sombolinggi sampai ke klan Pongtiku di tondon Pongtiku di Pangala bdasarkan data lapangan dan referensi buku2 yang ada...Tari Pagellu mmg awalnya ada di masing2 wilayah lembang di Tana Toraja..tapi, bdasarkan triangulasi data mmg muncul nama Pangala..karena pada waktu pentahbisan salah satu gereja di Barana diadakanlah festival tari pagellu,(mnrtu informan saya di rantepao dan di sangala) dan yang menang dan dianggap terbaik ( pada saat itu adalah gellu dari pangala ) dan memang saat penelitian pun saya hanya mendapatkan data lisan dan yg terpenting TERTULIS ttg susunan gerak/koreografi Gellu Pangala bdasarkan nilai filosofi yg terkandung di dalamnya, thats the point! yg saya sangat butuhkan utk skripsi sy di jurusan seni tari pada waktu itu..nah..selanjutnya sampai skrg saya masih mjadi PENJAGA tari kebanggaan kita ini, krn bagi sy yg hidup di dunia "real" seni pertunjukan/ kesenimanan... hati saya suka miris melihat Tari Pa'gellu kbanggaan SAYA pribadi dan orang Toraja umumnya.. diacak2 oleh teman2 sesama seniman di luar sana.....tetappi.. jgn salah ..tnyata "org dalam " pun tnyata banyak yg suka acak2 tari Pagellu,krn mgkn ketidak tahuan mrk ttg Nilai Artistik dan Filosofi yg ada di dalam Pa'gellu... boleh buat gerak-gerak baru/ tari kreasi baru tapi jangan dikasih nama Pagellu,kasih NAMA LAIN... mgkn bnyk "org kita" yg bpikir itu hanyalah sekedar "tari" tdk lebih...dan tidak penting..


0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!